Cegah Kelumpuhan Terhadap Anak, Pemcam Batang Gansal & Dinkes Inhu Gelar Vaksin Polio di Desa Ringin 

Senin, 06 Maret 2023 - 15:21:10 WIB
Share Tweet Google +

INHU, CATATANRIAU.COM | Camat Batang Gansal Basuki SKM diwakili Kepala Seksi Pemerintahan (Kasipem) Kecamatan Batang Gansal Azasi Kudus S.Sos, didampingi Kapolsek Batang Ganasal Iptu Donni Widodo Siagian SH, mereka membuka secara langsung kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dan bulan vitamin A untuk anak-anak usia 0-59 bulan di Aula Desa Ringin, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau, Senin (06/03/2023) pagi.


Kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhu melalui Puskesmas Batang Gansal itu juga tampak dihadiri langsung oleh Suroso selaku Kepala Desa Ringin beserta tenaga kesehatan Puskesmas Batang Gansal, dan ibu-ibu yang membawa balitanya ke lokasi vaksin Polio tersebut.

Pada kesempatan itu, Azasi Kudus S.Sos menyampaikan, bahwa pelaksanaan Pin Polio ini adalah untuk mengantisipasi penyebaran virus di wilayah Kecamatan Batang Gansal khususnya, hal ini mengingat adanya kejadian luar biasa di Provinsi Aceh beberapa waktu lalu.


"Kedepan kita tentu berharap agar kasus polio ini tidak terjadi kasus yang sama seperti yang di Aceh dan mengurangi kehawatiran masyarakat, sebab masyarakat sudah terbuka terhadap media kan," kata Azasi Kudus S.Sos saat diwawancarai Wartawan media ini.

Pelaksanaan vaksinasi pada PIN Polio ini sendiri kata dia, Pencanangannya dipusatkan di Desa Ringin dan dilaksanakan serentak diseluruh Desa di Kecamatan Batang Gansal.

"Pelaksanaannya sebenarnya serentak, cuman karena terbatas petugas bisa saja berlanjut untuk beberapa hari kedepan," terang dia.

Oleh sebab itu lanjut dia, Pemerintah Kecamatan Batang Gansal akan terus berupaya mendorong agar anak-anak usia 0-59 bulan, mendapatkan vaksin, "sehingga tidak ada yang terlewati," imbuhnya.

Sementara itu Suroso selaku Kepala Desa Ringin menyampaikan bahwa pihaknya sangat menyambut baik atas digelarnya PIN Polio tersebut.

"Tanggapan kita tentu positif lah, supaya Dinas Kesehatan juga lebih memperhatikan masyarakat saya ataupun warga saya," kata Suroso.


Menurutnya warga masyarakat Desa Ringin sangat antusias untuk membawa anak-anaknya mengikuti vaksin polio tersebut.

"Selama ini juga masyarakat kita selalu antusias mengikuti program kesehatan, seperti program bulanan posyandu dan lain sebagainya, masyarakat di Desa Ringin ini khususnya sangat aktif sekali," tutupnya.****

 

Laporan : S.A Pasaribu

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex